Resep Kue Karamel Spesial

Resep Kue Karamel Spesial. Kali ini saya akan berbagi resep dan cara membuat Kue Karamel spesial lebaran. Kue ini ternyata merupakan salahsatu kue yang masih menjadi kue yang disukai oleh banyak kalangan. Karena rasanya yang manis, gurih dan kenyal, tentu saja membuat banyak orang menyukainya.

Nah bagi anda yang masih bingung membuat sajian apa di hari raya Idul Fitri nanti, maka tidak ada salahnya jika anda mensajikan hidangan Kue Karamel ini, karena cara membuatnyapun tergolong cukup mudah.

Bahan-bahan/ bumbu

425 gr gula pasir
450 ml air panas
180 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
8 btr telur ayam
150 gr margarin
2 sdt soda kue
200 ml susu kental manis

Resep Kue Karamel Spesial

Cara Membuat Kue Karamel

  • Taruh gula pasir di atas wajan, masak di atas api hingga berwarna coklat gosong, tuangi air panas, biarkan mendidih dan gula larut. Angkat, dinginkan.
  • Kocok margarin dan susu kental manis sampai putih, masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok. Matikan mixer.
  • Masukkan terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata.
  • Tuang karamel ke dalam adonan sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata.
  • Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang telah dioles margarin dan ditaburi tepung.
  • Panggang dalam oven, suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 40 menit atau sampai matang.

Perlu dicatat:
  • Adonan karamel cake ini cukup unik unik. Meskipun adonannya encer, tetapi nantinya akan menghasilkan cake yang kenyal, lembut dan bersarang bagus.
  • Rahasia mendapatkan sarang yang banyak adalah proses pembuatannya. Jangan mengocok mentega dan susu kental manis terlalu lama. Jika terlalu lembut, cake jadi kurang bersarang. Sebagian orang bahkan cukup mengaduknya saja. Mengocok juga cukup menggunakan kecepatan rendah, atau kecepatan tinggi tapi sebentar saja.
  • Anda tidak perlu kaget apabila adonan terlihat terpisah antara lemak mentega dengan cairan (menteganya mengapung di permukaan). Adonan karamel tersebut akan menyatu saat terkena panas oven.
  • Berikutnya, ada baiknya jika selalu melapisi loyang karamel dengan loyang kotak yg lebih besar di bagian bawah. Hal ini dilakukan untuk menghindari tetesan lemak atau minyak adonan yang langsung jatuh ke dasar oven. Minyak yang menetes ke dasar oven akan menimbulkan aroma gosong dan banyak asap.

Intinya, pada saat anda membuat karamel cake, jangan berpikir terlalu berat atau takut salah. Ikuti saja sesuai resep. Bagaimanapun jadinya adonan, langsung oven. Kejutannya nanti yaitu pada saat anda mendapatkan cake yang lembut, kenyal, bersarang dan enak banget. Itulah resep kue kali ini semoga bisa membantu dan bermanfaat. Baca juga resep kue